Cara Flash Realme 5i via Flash Tool

Tutorial Cara Flash Realme 5i (RMX1911, RMX2030 & RMX2163) untuk Anda simak dan terapkan pada perangkat lunak Anda, untuk melakukan Update versi atau Downgrade. Juga dapat mengatasi masalah seperti bugs, error pada apk, bootloop dan semacamnya

Jika Sobat sering menemukan masalah pada ponsel Realme 5i, seperti muncul peringatan memori hamper penuh, aplikasi berhenti secara tiba-tiba, ponsel terasa lemot dan semacamnya. Bisa mengikuti tutorial ini untuk mengatasi semua masalah tersebut.

Solusi sebelum sobat melakukan flash firmware pada realme 5i, alangkah baiknya untuk melakukan Wipe data/Factory reset (Kembali ke pengaturan pabrik) terlebih dahulu. Proses ini biasanya mampu untuk mengatasi masalah yang terjadi pada perangkat lunak (Software).

Perlu di ingat bahwa melakukan proses diatas, akan menghapus seluruh data yang tersimpan pada memori internal ponsel. Maka dari itu lakukan Backup data (pencadangan data), sebelum melakukan Wipe data/Factory reset.

Berbeda jika handphone mengalami bootloop, data yang tersimpan pada memori internal ponsel tidak dapat diselamatkan. Karena kondisi handphone yang tidak dapat masuk ke menu, dan hanya stuck di logo saja.

Jika setelah dilakukan Wipe data/Factory reset (Kembali kepengaturan pabrik), hasilnya masih sama, coba lakukan Update sistem operasi, Anda dapat melakukan hal tersebut langsung via menu pengaturan pada ponsel Realme 5i sobat.

Namun jika pada menu pengaturan tidak terdapat info Update terbaru, maka sobat bisa mengikuti tutorial ini hingga selesai. Karena sudah tidak ada pilihan lain yang dapat dilakukan, selain melakukan flashing pada ponsel tersebut.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk memperbaiki Handphone yang bermasalah pada bagian sistem software nya, yaitu dengan langkah flashing.

Flashing dapat dilakukan dengan dan tanpa Laptop/PC. Pada kesempatan kali ini Saya ingin berbagi tutorial Cara Flash Realme 5i dengan menggunakan Laptop/PC.

Flash Realme 5i via Flash Tool

Sebelum lanjut ke langkah flashing, perlu di ketahui bahwa pada proses ini akan menghapus seluruh data yang tersimpan pada memori internal ponsel. Maka dari itu lakukan Backup data terlebih dahulu jika memungkinkan.

Baca juga: Cara Flash Realme 6 RMX2001

Cara flash Realme 5i (RMX1911, RMX2030 & RMX2163)

Sebelum lanjut ke tahap eksekusi, siapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang diperlukan. Dibawah ini sudah saya siapkan file yang dibutuhkan, Anda hanya tinggal men-downloadnya saja.

Bahan-bahan yang diperlukan

2. Download Stock Firmware Realme 5i (Pilih file RFT sesuai type)
3. Download Realme Flash Tool

1. Download dan install ADB Dan Fastboot Driver pada Laptop/PC windows Anda.

2. Siapkan atau Download Stock Firmware Realme 5i yang akan digunakan untuk flashing, dan kemudian ekstrak file tersebut.

3. Download dan ekstrak file Realme Flash Tool pada Laptop/PC Anda.

4. Jalankan ekstensi Realme Flash.exe dengan cara klik kanan “Run as administrator

5. Setelah Realme Flash.exe dapat terbuka, maka akan muncul tampilan layar seperti pada gambar dibawah ini.

Flash Realme 5i via Flash Tool

6. Langkah selanjutnya adalah klik pada tombol Telusur/Browser (Pencarian).

7. Kemudian cari file Firmware yang sudah di siapkan sebelumnya, dan cari file ekstensi .ofp.

8. Kita lanjut ke ponsel yang bermasalah.

9. Pastikan ponsel dalam keadaan mati, Tekan dan Tahan Tombol Power (On/Off) dan Volume bawah secara bersamaan.

10. Kemudian hubungkan ponsel ke Laptop?PC dengan menggunakan kabel USB.

11. Pada tampilan Laptop/PC, klik menu “Loading”, dan tunggu hingga ponsel terdeteksi.

12. Jika Handphone sudah terdeteksi, langkah selanjutnya adalah klik tombol “Flash”.

13. Dan selanjutnya klik tombol “Konfirmasi” untuk melanjutkan dan memulai proses flashing.

14. Proses flashing selesai dan sukses akan ditandai dengan keterangan “Flashing Completed” pada Realme Flash Tool.

15. Jika pada proses Flash GAGAL, kemungkinan besar Handphone Realme 5i Anda harus di Unlock Bootloadernya terlebih dahulu. Silahkan baca Cara Unlock Bootloader realme 5i Android 10 (RUI), kemudian ulangi lagi langkah-langkah diatas.

16. Selamat, proses flashing berjalan dengan lancar tanpa kendala, Anda sudah dapat melepaskan kabel USB dan dapat memulai menyalakan ponsel seperti biasa.

Selamat!!! Handphone Realme 5i Anda sudah berhasil di flash, dan mudah-mudahan artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Selamat mencoba dan semoga berhasil, salam...